%A EVI ROFIATUL LAELA - NIM. 03220063 %O Pembimbing: Dra.Nurjannah, M. Si., %T EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM DI SDIT LUQMAN AL- HAKIM YOGYAKARTA %X Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Luqman Al Hakim Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan formal yang sudah memiliki unit Bimbingan Konseling (BK). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang wacana keilmuan, terutama pengembangan keilmuan tentang layanan BKI di Sekolah Dasar, serta dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan aktivitas pelayanan BK bagi konselor di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah guru BK atau konselor, siswa dan pengurus SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan layanan bimbingan konseling Islam dan tingkat keberhasilan pelaksanaan konseling Islam di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif, dengan langkah setelah data terkumpul baik yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, data-data tersebut disusun kemudian di analisa dan di jelaskan. Hasil dari penelitian ini yaitu: unsur-unsur konseling yang meliputi Pertama guru BK, kedua: klien atau siswa, ketiga: metode yang digunakan adalah wawancara, home visist dan pembiasaan, mediasi,media kelompok keempat: materi yang disampaikan meliputi akhlaq dan ibadah, kelima: media yang digunakan adalah ruang atau kantor BK dan fasilitas-fasilitas yang ada dalamnya. Aspek-aspek efektivitas di lihat dari Guru BK dan Siswa. Pertama efektivitas Guru BK meliputi aspek tugas dan fungsi, aspek dalam pembuatan rencana dan program, aspek ketentuan dan aturan. Kedua efektivitas siswa yang dilihat dari aspek pemahaman, sikap dan perilaku. %K Efektivitas, Bimbingan Konseling Islam, Sekolah Dasar. %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib5568