TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Nurmahni, M.Ag ID - digilib55707 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55707/ A1 - M. Faiz Ali Hidayat, NIM.: 18102040040 Y1 - 2022/10/21/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih berdasarkan hasil observasi peneliti, terdapat kesulitan wisatawan dalam membedakan antara pengelola dan masyarakat sekitar dikarenakan penampilan antara keduanya sama, jumlah wisatawan yang datang setiap tahun berdasarkan data yang diperoleh peneliti sejumlah 4.800 wisatawan yang mengunjungi wisata religi Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih, maka dari itu perlunya manajemen pelayanan prima di lokasi wisata religi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan prima Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data Hasil penelitian ini menunjukan manajemen pelayanan prima yang diberikan oleh pengelola Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih belum optimal karena belum sesuai dengan teori manajemen pelayanan. Pengelola Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih tidak memenuhi salah satu konsep manajemen pelayanan yaitu tentang penampilan (appearance) yang belum diterapkan secara maksimal secara penampilan fisik, walaupun pengelola Makam Habib Ali Bin Umar Bafaqih telah menerapkan konsep lain seperti kemampuan (ability), sikap (attitude), perhatian (attention), tindakan (action) dan tanggung jawab (accountability). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen Pelayanan Prima KW - Wisatawan KW - Wisata Religi M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA WISATA RELIGI MAKAM HABIB ALI BIN UMAR BAFAQIH DI JEMBRANA, BALI TAHUN 2021 AV - restricted EP - 102 ER -