eprintid: 55762 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/57/62 datestamp: 2023-02-01 07:31:08 lastmod: 2023-02-01 07:31:08 status_changed: 2023-02-01 07:31:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Khefi Larasati, NIM.: 19102020034 title: EFEKTIVITAS BIMBINGAN DENGAN TEKNIK SOCIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 DUKUH CIREBON JAWA BARAT ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: mot_ivasi divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan, Teknik Social Learning, Motivasi Belajar note: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag, M.Si. abstract: Siswa usia 10-12 memiliki konsep diri berdasarkan pola yang digariskan orangtua, guru serta lingkungan sekitar. Fase ini bentuk pembelajaran yang akan berpengaruh terhadap masa depannya, belajar bagi siswa 10-12 tahun merupakan aktivitas yang menjenuhkan, untuk itu siswa membutuhkan dorongan-dorongan. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa salah satu layanan yang diterapkan di SDN 2 Dukuh adalah bimbingan kelompok menggunakan metode ceramah komunikasi satu arah, hasilnya kurang maksimal. Sehingga penulis tertarik untuk menggunakan metode yang berbeda yaitu bimbingan dengan teknik social learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan dengan teknik social learning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 SDN 2 Dukuh. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert motivasi belajar siswa, analisis data menggunakan teknik eksperimen one-group pretest posttest dari paired sample T test dengan bantuan program IBM SPSS 26 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, dibuktikan dengan adanya perbedaan antara rata-rata hasil pretest 56,05 dengan rata-rata posttest 91,60 dan nilai paired T test sebesar 0,247 dengan signifikansi 0,000 (0,000 < 0,01) sangat signifikan. Dengan begitu menunjukan bahwa bimbingan dengan teknik social learning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 SDN 2 Dukuh. date: 2022-11-25 date_type: published pages: 150 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Khefi Larasati, NIM.: 19102020034 (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN DENGAN TEKNIK SOCIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN 2 DUKUH CIREBON JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55762/1/19102020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55762/2/19102020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf