eprintid: 5579 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/55/79 datestamp: 2013-02-19 12:49:32 lastmod: 2017-04-05 08:41:40 status_changed: 2012-05-04 16:48:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SULIH PRASTIYA - NIM. 06420081 , title: MENYANYI SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SANTRIWAN-SANTRIWATI KELAS UMAR BIN KHATAB TPA MASJID PANGERAN DIPONEGORO YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Penguasaan Kosa Kata , Bahasa Arab , Menyanyi note: Pembimbing: Nurhadi, M.A. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Arab santriwan-santriwati kelas Umar Bin Khatab TPA Masjid Pangeran Diponegoro Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung pada pembelajaran bahasa Arab pada umumnya dan khususnya TPA Masjid Pangeran Diponegoro sendiri sebagai tempat dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research yang menggunakan metode menyanyi untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab santriwan-santriwati kelas Umar Bin Khatab TPA Masjid Pangeran Diponegoro. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus; siklus I tentang pakaian dan warna sedangkan siklus II tentang keluarga dan perkenalan. Disetiap masing-masing siklusnya ustadz (peneliti) menyampaikan materi dengan metode menyanyi yang juga dikombinasi dengan strategi active learning lainnya, dengan begitu pembelajaran menjadi menarik dan santripun aktif dalam belajar sehingga santri dapat memahami materi yang disampaikan oleh ustadz (peneliti). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan disetiap siklusnya, yaitu - Santri mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik - Santri menjadi senang dan tertarik untuk belajar bahasa Arab sehingga mereka bersemangat dan tidak takut lagi mengikuti pelajaran bahasa Arab. Santri menjadi mudah menghafal dan memahami kosa kata bahasa Arab baru. Metode menyanyi untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam dalam pembelajaran kosa kata pada peserta didik yang masih dalam usia anak-anak. div date: 2011-02-18 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2011-02-18 10:12:14 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sulihprast-5359-1-sulihpr-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/108/digilib-uinsuka--sulihprast-5359-1-sulihpr-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5953 ; nama file lama : SULIH PRASTIYA NIM. 06420081 - MENYANYI SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SANTRIWAN-SANTRIWATI KELAS UMAR BIN KHATAB T ; format file : application/pdf ; besar file : 1491125 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SULIH PRASTIYA - NIM. 06420081 , (2011) MENYANYI SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SANTRIWAN-SANTRIWATI KELAS UMAR BIN KHATAB TPA MASJID PANGERAN DIPONEGORO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5579/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5579/2/BAB%20II%2CIII.pdf