%A - Maksudin %T PENGEMBANGAN METODOLOGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PENDEKATAN DIALEKTIK %X Upaya-upaya untuk mengatasi beberapa problem pendidikan agama Islam dalam jenjang pendidikan formal telah banyak dilakukan baik oleh pemerintah c.q. kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Nasional, melalui kajian/penelitian, seminar, FGD, workshop, pelatihan-pelatihan, pembenahan, penyempurnaan kurikulum maupun upaya yang lain. Di samping itu, para ahli pendidikan, para pemerhati pendidikan, serta para praktisi pendidikan agama Islam juga telah banyak menyumbangkan pemikiran guna meminimalisir permasalahan yang dialami dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Banyak buku yang membahas pendidikan agama Islam dengan judul “Metodologi Pendidikan Agama Islam”, namun buku-buku tersebut masih dijumpai beberapa kekurangan dan kelemahan, terutama bila dikaitkan dengan perubahan dan penyempurnaan pendidikan agama Islam yang diberlakukan saat ini yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan Kurikulum 2013. Secara historis perjalanan kurikulum sejak tahun 1945, kurikulum pendidikan nasional telah banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan, yaitu kurikulum tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, dan sekarang kurikulum 2013. Buku yang ada dihadapan pembaca, menurut hemat penulis merupakan salah satu solusi alternatif dan sharing yang dapat dipergunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan judul “Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik”. Buku ini dimaksudkan dapat dipergunakan untuk pendidikan agama Islam semua jenjang pendidikan sekolah/madrasah dari SD/MI/SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK. Oleh karena itu, buku ini diperuntukkan kepada para guru/pendidik, para mahasiswa, pemerhati pendidikan, dan pengambil kebijakan pendidikan agama, para peneliti, serta praktisi pendidikan. %K Pengembangan Agama Islam, Metodologi, Dialektik %D 2015 %C Yogyakarta %I PUSTAKA PELAJAR %L digilib55799