TY - THES N1 - Pembimbing: Muh. Ulil Absor Ph. D ID - digilib55878 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55878/ A1 - Tri Wijaya Agus Sapto Utomo, NIM.: 17102050088 Y1 - 2022/12/28/ N2 - Organisasi non profit merupakan suatu organisasi yang mempunyai sasaran pokok untuk mendukung isu-isu yang menarik perhatian publik tanpa tujuan komersil dan tanpa ada maksud untuk mencari keuntungan. Keberlangsungan program sangat bergantung pada kemampuan lembaga dalam mengumpulkan dana, agar dapat beroperasi seperti tujuan yang sudah ditetapkan. Maka dibutuhkan adanya suatu aktivitas dalam manajemen organisasi pelayanan sosial melalui kegiatan fundraising. Alasan peneliti memilih topik mengenai strategi fundraising di Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) cabang Yogyakarta karena yang mempunyai predikat terbaik pertama sebagai kategori akreditasi hasil pendamping syariah dengan nilai tertinggi dan mempunyai akreditasi ?A? dengan nilai 97,56 dan selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman, misalnya dengan menggunakan platform dan scan barcode. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi fundraising yang dilakukan oleh Yayasan IZI cabang Yogyakarta dan pembelajaran baik dalam strategi fundraising tersebut. Jenis penelitian menggunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan yakni Kepala Kepala Bidang Administrasi, Keuangan dan General Affair, Kepala Bidang Kemitraan, Staf Phoneselling, Staf Mitra Salur, dan Staf Retail. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan strategi fundraising Yayasan IZI cabang Yogyakarta menggunakan metode langsung (direct) dan metode tidak langsung (indirect). Untuk strategi yang dilakukan, pertama menggunakan Strategi Dialogue Fundraising dengan cara private site fundraising, prospecting dan workplace fundraising. Strategi kedua menggunakan Strategi Corporate Fundraising dengan cara bekerjasama dan menjalin mitra dengan perusahaan-perusahaan yang tersebar di Yogyakarta. Strategi ketiga menggunakan Strategi Multichannel Fundraising dengan cara telefundraising/telemarketing, crowfunding, fundraising online, dan community fundraising. Strategi keempat menggunakan Strategi Retention and Development Donor dengan cara rutin memberikan laporan kepada donatur atau transparansi mengenai donasi tersebut dan memberikan doa serta ucapan terimakasih kepada donatur. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembaga Kemanusiaan; Strategi Fundraising; Inisiatif Zakat Indonesia M1 - skripsi TI - STRATEGI FUNDRAISING YAYASAN INISIATIF ZAKAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA AV - restricted EP - 116 ER -