@article{digilib55885, volume = {1}, number = {1}, author = {- Syahrul Fauzi and - Edy Yusuf Nur Samsu Santosa and - Nidaul Fajrin}, title = {Marketing Mix under education strategy program with Enhancing Student Admission}, publisher = {The department of Islamic Education Management, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, journal = {Journal of Islamic Education Management Research}, pages = {1--13}, year = {2022}, keywords = {Strategi bauran pemasaran, penerimaan siswa baru, pemasaran jasa pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55885/}, abstract = {Sekolah melakukan berbagai strategi pemasaran jasa pendidikan untuk menarik minat masyarakat. Strategi marketing mix merupakan salah satu strategi yang paling berhasil diterapkan di sekolah. Artikel ini mengkaji dan mendeskripsikan strategi Madrasah Ibditadiyah PUI Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat dalam memasarkan pendidikan yang diselenggarakannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan narasumber terpilih secara purposive sampling. Keabsahan data divalidasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah PUI Kaum Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat, menggunakan strategi bauran pemasaran untuk menawarkan lembaganya kepada masyarakat, menyediakan produk; harga; pendidik dan tenaga kependidikan; lokasi; sarana dan prasarana; proses; dan promosi. Dalam penerimaan mahasiswa, mereka menerapkan lima standar kepada calon mahasiswa: objektivitas, transparansi, akuntabilitas, non-diskriminatif, dan kompetitif. Setiap madrasah perlu memberikan standar input siswa yang diterimanya untuk menjaga kualitas proses pendidikannya.} }