eprintid: 55885 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/05/58/85 datestamp: 2023-02-06 22:39:42 lastmod: 2023-02-06 22:39:42 status_changed: 2023-02-06 22:39:42 type: article metadata_visibility: show creators_name: Syahrul Fauzi, - creators_name: Edy Yusuf Nur Samsu Santosa, - creators_name: Nidaul Fajrin, - title: Marketing Mix under education strategy program with Enhancing Student Admission ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: jurnal full_text_status: public keywords: Strategi bauran pemasaran, penerimaan siswa baru, pemasaran jasa pendidikan abstract: Sekolah melakukan berbagai strategi pemasaran jasa pendidikan untuk menarik minat masyarakat. Strategi marketing mix merupakan salah satu strategi yang paling berhasil diterapkan di sekolah. Artikel ini mengkaji dan mendeskripsikan strategi Madrasah Ibditadiyah PUI Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat dalam memasarkan pendidikan yang diselenggarakannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan narasumber terpilih secara purposive sampling. Keabsahan data divalidasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah PUI Kaum Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat, menggunakan strategi bauran pemasaran untuk menawarkan lembaganya kepada masyarakat, menyediakan produk; harga; pendidik dan tenaga kependidikan; lokasi; sarana dan prasarana; proses; dan promosi. Dalam penerimaan mahasiswa, mereka menerapkan lima standar kepada calon mahasiswa: objektivitas, transparansi, akuntabilitas, non-diskriminatif, dan kompetitif. Setiap madrasah perlu memberikan standar input siswa yang diterimanya untuk menjaga kualitas proses pendidikannya. date: 2022 date_type: published publication: Journal of Islamic Education Management Research volume: 1 number: 1 publisher: The department of Islamic Education Management, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pagerange: 1-13 refereed: TRUE issn: P-ISSN : 2502-9223; E-ISSN : 2503-4383 citation: Syahrul Fauzi, - and Edy Yusuf Nur Samsu Santosa, - and Nidaul Fajrin, - (2022) Marketing Mix under education strategy program with Enhancing Student Admission. Journal of Islamic Education Management Research, 1 (1). pp. 1-13. ISSN P-ISSN : 2502-9223; E-ISSN : 2503-4383 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55885/1/Marketing%20Mix%20under%20education%20strategy%20program%20with%20Enhancing%20Student%20Admission.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55885/2/surat-surat-pernyataan1675716408.pdf