%A NIM.: 16430007 Deni Wulan %O Pembimbing: Dr. Ichsan, M. Pd. %T PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA MASYITHOH MELIKAN %X Munculnya wabah Covid-19 di indonesia membawa dampak buruk bagi seluruh masyarakat indonesia terutama pada bidang pendidikan. Pelaksanan pembelajaran anak usia dini menjadi tantangan baru. Setiap sekolah menerapkan pembelajaran yang bervariasi sesuai keadaan, kondisi dan kebutuhan yang di hadapi, yang tidak lepas dari aturan yang di tetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, perlu diketahui pembelajaran yang diterapkan di sekolah di masa pandemi covid-19, kendala yang di hadapi guru juga faktor pendukung guru dalam melaksanakan pembelajaran di tengah pandemi covid-19 untuk anak usia dini. Tujuan penulisan ini untuk menjelaskan tentang pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk anak usia dini kelompok B di RA Masyithoh Melikan, untuk mengetahui kendala yang di hadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 kelompok B di RA Masyithoh Melikan, juga untuk mengetahui faktor pendukung guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk anak usia dini kelompok B di RA Masyithoh Melikan. Penulisan ini menggunakan teknik pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mengetahui keabsahan dan kebenaran hasil penelitian dengan teknik triangulasi. Hasil penulisan menunjukan bahwa : 1) Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk anak usia dini kelompok B di RA Masyithoh Melikan menerapkan pembelajaran daring dan tatap muka terbatas secara bersama dalam satu hari setiap harinya sesuai jadwal yang di buat oleh guru kelas dengan alokasi waktu yang berbeda. Pada pembelajaran daring dilaksanakan melalui group whatsap di mulai sebelum pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam sesuai RPPH, kegiatan meliputi pembuka, kegiatan inti dan penutup. Sedangkan pembelajaran tatap muka terbatas dimulai pukul 8 hingga 9 pagi meliputi kegiatan penyambutan, pembuka, kegiatan inti, dan penutup. 2) kendala yang di hadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 diantaranya pada pembelajaran daring : orang tua/wali tidak memiliki handphone, jaringan yang tidak mendukung, keterbatasan pemahaman IT, guru dituntut memiliki HP dengan memori yang memadai, dan belajar yang kurang interaktif. Pada pembelajaran tatap muka terbatas : waktu belajar tatap muka yang terbatas dan orang tua yang sulit di atur. 3) faktor pendukung guru dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 diantaranya : dukungan pemerintah, dukungan orang tua/wali, kecanggihan teknologi, kemauan guru untuk belajar, fasilitas sekolah yang memadai, dan waktu belajar yang fleksibel. %K Pembelajaran, Pandemi Covid-19, Anak Usia Dini %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib55938