@phdthesis{digilib55941, month = {September}, title = {PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III SD NEGERI SALAMAN 1 MAGELANG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16480033 Fitriani Estu Rahayu}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, SS. M.Pd}, keywords = {Video Pembelajaran, Media Pembelajaran, Pemahaman Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55941/}, abstract = {Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ? adakah pengaruh video pembelajaran terhadap pemahaman belajar siswa kelas III SD Negeri Salaman 1?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran terhadap pemahaman belajar siswa kelas III SD Negeri Salaman 1? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif, penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan pengumpulan data menggunakan Pretest dan Posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu mendapatkan nilai signifikansi (2-tailed) hasil uji signifikan sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun Hipotesis yang diajukan adalah Ho ( Tidak terdapat pengaruh video pembelajaran dengan peningkatan pemahaman belajar siswa) sedangkan Ha (Terdapat pengaruh video pembelajaran dengan peningkatan pemahaman belajar siswa). Berdasarkan hasil uji signifikansi dan uji hipotesis yang diajukan maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh video pembelajaran dengan peningkatan pemahaman belajar siswa kelas III SD Negeri Salaman 1.} }