eprintid: 55943 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/59/43 datestamp: 2023-02-08 01:20:44 lastmod: 2023-02-08 01:20:44 status_changed: 2023-02-08 01:20:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ibtisamah Khoiri Alfitri, NIM.: 16480042 title: HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WILADEG KECAMATAN KARANGMOJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: pdk subjects: sos_inter divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Kecerdasan, Emosi, Interpersonal, Interaksi Teman Sebaya. note: Pembimbing: Asnafiyah, M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatar belakangi dengan mengingat sejumlah hal yang telah terkemuka. Pada setiap individu memiliki sebuah kemampuan dan potensinya masing-masing, diantaranya memiliki kecerdasan secara umum, kreativitas, minat dan bakat khusus, serta keterampilan yang saling membentuk sebuah pola khas dalam diri individu. Dalam setiap individu dapat memiliki keinginan agar dapat mengenal diri sendiri, memanfaatkan sebuah pemahaman dirinya dengan cara berpikir dengan agar jalannya komunikasi sosial siswa dengan siswa yang berbeda daerah sekolahnya dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, harapannya agar bagian dari sebuah pergaulan sosial dapat terpenuhi dan kemampuan untuk memahami orang secara mendalam. tingkat dan pengetahuan relasional yang diperlukan untuk setiap siswa. Munculnya kebutuhan ini dikarenakan adanya keterbatasan kemampuan setiap siswa untuk berkolaborasi dalam menyampaikan suatu pendapat atau berperilaku. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan interaksi teman sebaya pada siswa kelas V Negeri Wiladeg Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul dan mengetahui hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan interaksi teman sebaya pada siswa kelas V SD Negeri Wiladeg Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif ysng bersifat korelasi. Variabel bebas yaitu kecerdasan emosi dan kecerdasan interpersonal dan variabel terikat yaitu interaksi teman sebaya. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Wiladeg berjumlah 30 anak. Sampel penelitian ini yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu 30 anak. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner menggunakan google from. Validitas instrumen yang digunakan yaitu validitas konstruk dan validasi empiris. Uji Prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji statistik One-Sample Kolmogorov- Smirnov, Uji linearitas, dan uji homogenitas menggunakan uji Korelasional Product Moment dari Pearson. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regreasi ganda. Analisis data dibantu dengan software SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa berdasarkan tabel harga P sekitar 0,005 regresi ganda ini pada penelitian artinya signifikan. Maka dalam hal ini terdapat hubungan yang positif dan signifkan antar kecerdasan emosi dengan interaksi teman sebaya. Sehingga artinya kecerdasan emosi yang semakin tinggi pada siswa membuat mereka berinteraksi dengan teman sebayanya semakin baik. hubungan yang positif dan signifikan antar kecerdasan interpersonal dengan interaksi teman sebaya. Sehingga artinya kecerdasan interpersonal siswa yang semakin tinggi berpengaruh pada interaksi siswa dengan teman sebaya semakin baik juga date: 2022-12-15 date_type: published pages: 125 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ibtisamah Khoiri Alfitri, NIM.: 16480042 (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WILADEG KECAMATAN KARANGMOJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55943/1/16480042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55943/2/16480042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf