eprintid: 55947 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/59/47 datestamp: 2023-02-08 01:39:40 lastmod: 2023-02-08 01:39:40 status_changed: 2023-02-08 01:39:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muh. Al-Ghifari, NIM.: 17104010026 title: MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA EPISODE COMPILATION VOL.12 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ispublished: pub subjects: P subjects: kar_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Nilai Moral, Media Animasi, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M. A. abstract: Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya tontonan yang disajikan dalam dunia perfilman indonesia yang begitu beragam. Zaman sekarang semua orang sudah bisa mengakses berbagai banyak hal, adanya kemajuan teknologi tersebut, berpotensi untuk mengubah pribadi manusia itu sendiri misalnya seperti turunnya akhlak yang dimiliki oleh anak baik dalam lingkup keluarga maupun masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menyampaikan model penanaman nilai pendidikan agama Islam yang ada dalam sebuah film kartun Nussa. Yakni tentang Model Penanaman Nilai-Nilai dalam Serial Animasi Nussa Episode Compilation Vol.12 dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pendidikan agama Islam dan cara mendidik anak sejak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reasearch) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotika. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode analisis isi. Dalam hal ini, peneliti akan mengungkapkan tentang isi dari Model Penanaman Nilai yang terkandung dalam serial animasi Nussa, kemudian relevansinya dalam pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Nilai-nilai yang ditanamkan dalam serial animasi Nussa episode compilation vol.12 yaitu: nilai ahklak di bagi menjadi 2 bagian, yaitu akhlak trpuji dan akhlak tercela: pertama, akhlak terpuji meliputi sabar, syukur, pemaaf, amanah,bijaksana, lembut, kerja keras, tawakal, mandiri, dan berbakti kepada orang tua. Kedua, akhlak tercela meliputi bermain saat beribadah. 2) Model penanaman nilai yang terdapat dalam serial animasi Nussa episode compilation vol.12, dari hasil analisis yang dilakukan 3 model penanaman. Pertama, Model dediktif, penanaman nilai akidah dilakukan dengan dijelaskan dalam adegan “ayo berdzikir”, diarahkan dengan bacaan-bacaan serta dilakukan prakter kemudian diperkuat dengan adanya pernyataan melalui contoh hadist. Kedua, model induktif, penanaman nilai syariat dilakukan dengan adegan dari karakter yang memakai pakaian menutup aurat dalam kesehariannya. Ketiga, model dogmatik, penanaman nilai akhlak dilakukan dengan menyajikan nilai-nilai kebenarana dan kebaikan. 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam serial animasi Nussa episode compilation vol.12 dibagi menjadi dua yaitu pertama, ruang lingkup pendidikan agama Islam yang terdapat dalam serial animasi Nussa kemudian ditelaah melalui 3 aspek yaitu akidah, syariat, dan akhlak. Kedua, dilihat dari segi tujuan pendidikan agama Islam yang ingin dicapai melalui penyempurnaan akhlak manusia. date: 2022-10-28 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muh. Al-Ghifari, NIM.: 17104010026 (2022) MODEL PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA EPISODE COMPILATION VOL.12 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55947/1/17104010026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55947/2/17104010026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf