%0 Thesis %9 Skripsi %A Ahmad Nasrodin, NIM.: 18102040084 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2022 %F digilib:55950 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K da'wah; Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro; analisis SWOT %P 123 %T STRATEGI PENGEMBANGAN DAKWAH YAYASAN PONDOK PESANTREN PANGERAN DIPONEGORO MELALUI PROGRAM SOSIAL DAN PENDIDIKAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55950/ %X Penelitian ini berlatar belakang dari ketertarikan peneliti pada perkembangan yang dialami Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro yang dulunya hanyalah 2 lembaga kecil namun saat ini mampu tumbuh besar dan berkembang menjadi kurang lebih 15 lembaga yang terdapat dalam satu yayasan (formal dan non-formal). Dengan diiringi kemajuan kemajuan teknologi dan informasi, tidak menutup kemungkinan lembaga formal maupun nonformal lainnya juga berlomba-lomba dalam memasarkan produknya. Belum lagi hambatan dari perilaku masyarakat yang semakin kesini sudah sangat berbeda dengan perilaku orang masa lalu, dengan pola pikir hingga tingkah laku. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Strategi Pengembangan Dakwah yang dilakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Melalui Program Sosial dan Pendidikan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro melalui program sosial dan pendidikan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitataif dengan cara pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Sedangkan metode analisis data melalui proses koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan dakwah yang dilakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro telah berhasil menerapkan empat elemen perencanaan startegi yakni: pengamatan lingkungan, perumusan startegi, implementasi perencanaan strategi serta evaluasi startegi. Berdasarkan analisis SWOT Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro berada pada kuadran 1 yang mendukung strategi agresif serta dapat menggunakan startegi SO berupa melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat yang profokatif, memberikan pengarahan lewat diskusi-diskusi kepada masyarakat, menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan warga serta membuktikan kepada masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas yayasan. %Z Pembimbing : Aris Risdiana, S.Sos.I., MM.