TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Moch Fuad, M.Pd. ID - digilib55952 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55952/ A1 - Zidni Nur Rahmawati, NIM.: 17104010081 Y1 - 2022/07/26/ N2 - Penelitian ini berlandaskan pada peran guru PAI sebagai agen perubahan yang menjalankan peran transformasionalnya di era masyarakat digital 5.0. Guru PAI menggunakan prinsip pedagogik transformatif dalam menjalankan perannya di era masyarakat digital 5.0. Masyarakat digital 5.0 atau society 5.0 mempunyai konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human centered) dan berbasis teknologi (technology based). Guru PAI dengan kompetensi yang dimiliki mengacu pada pedagogik transformatif menjalankan perannya sesuai dengan karakteristik masyarakat digital 5.0 untuk menjawab tantangan perubahan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data-data sekunder dari tema. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis), kemudian dari hasil analisis ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Guru PAI dalam konsep Transformasional di era masyarakat digital 5.0 yaitu: (a)Religius, berintegritas, dan berakhlak mulia. (b)Selalu belajar dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan diri baik secara formal maupun informal. (c)Menciptakan lingkungan yang positif dan kolaboratif, baik di dunia fisik maupun dunia maya (digital citizen). (2)Hambatan dan tantangan yang dihadapi guru PAI di era masyarakat digital 5.0 yaitu: (a)Tidak melek digital. (b) Sarana dan prasarana yang belum merata. (c)Penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti pergaulan bebas, berita hoaks, cyber crime dan cyber bullying. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kunci: Guru PAI KW - Guru Transformatif KW - Transformasional KW - Era Digital KW - Society 5.0 KW - Sosiologi Pendidikan M1 - skripsi TI - GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM DALAM KONSEP TRANSFORMASIONAL DI ERA MASYARAKAT DIGITAL 5.0 (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN) AV - restricted EP - 126 ER -