eprintid: 55952 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/59/52 datestamp: 2023-02-08 01:52:17 lastmod: 2023-02-08 01:52:17 status_changed: 2023-02-08 01:52:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Zidni Nur Rahmawati, NIM.: 17104010081 title: GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM DALAM KONSEP TRANSFORMASIONAL DI ERA MASYARAKAT DIGITAL 5.0 (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kunci: Guru PAI, Guru Transformatif, Transformasional, Era Digital, Society 5.0, Sosiologi Pendidikan note: Pembimbing: Drs. Moch Fuad, M.Pd. abstract: Penelitian ini berlandaskan pada peran guru PAI sebagai agen perubahan yang menjalankan peran transformasionalnya di era masyarakat digital 5.0. Guru PAI menggunakan prinsip pedagogik transformatif dalam menjalankan perannya di era masyarakat digital 5.0. Masyarakat digital 5.0 atau society 5.0 mempunyai konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human centered) dan berbasis teknologi (technology based). Guru PAI dengan kompetensi yang dimiliki mengacu pada pedagogik transformatif menjalankan perannya sesuai dengan karakteristik masyarakat digital 5.0 untuk menjawab tantangan perubahan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data-data sekunder dari tema. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis), kemudian dari hasil analisis ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Guru PAI dalam konsep Transformasional di era masyarakat digital 5.0 yaitu: (a)Religius, berintegritas, dan berakhlak mulia. (b)Selalu belajar dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan diri baik secara formal maupun informal. (c)Menciptakan lingkungan yang positif dan kolaboratif, baik di dunia fisik maupun dunia maya (digital citizen). (2)Hambatan dan tantangan yang dihadapi guru PAI di era masyarakat digital 5.0 yaitu: (a)Tidak melek digital. (b) Sarana dan prasarana yang belum merata. (c)Penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti pergaulan bebas, berita hoaks, cyber crime dan cyber bullying. date: 2022-07-26 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zidni Nur Rahmawati, NIM.: 17104010081 (2022) GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM DALAM KONSEP TRANSFORMASIONAL DI ERA MASYARAKAT DIGITAL 5.0 (PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55952/1/17104010081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55952/2/17104010081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf