@phdthesis{digilib55955, month = {December}, title = {EKSPERIMENTASI METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104020027 Jepri Yanto}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Nurul Huda, SS., M.Pd.I.}, keywords = {Eksperimentasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Make A Match, Hasil Belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55955/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode make a match) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode make a match) sebelum dan sesudah treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Muhammadiyah Demangan yang terdiri dari 3 kelas (Ibnu Thufail, Al-Battani, dan Ibnu Rusyd). Sedangkan untuk sampel penelitian adalah siswa kelas V Ibnu Thufail sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V Al-Battani sebanyak 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil uji T dari hasil belajar bahasa Arab siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan metode make a macth hasil analisis statistik menunjukan bahwa uji t post test antara kelompok kontrol dan kelompok ekperimen didapatkan nilai sig. 0,046 {\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan uji T nilai pre test dan post test kelompok eksperimen menghasilkan nilai sig. 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Setelah diadakan treatment (eksperimen) dengan menggunakan metode make a match dalam pembelajaran bahasa Arab, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode make a match dapat membantu siswa aktif mengikuti pelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan bahasa Arab siswa kelas V SD Muhammadiyah Demangan} }