TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd ID - digilib55956 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55956/ A1 - Nizli Khoerunisa, NIM.: 17104030013 Y1 - 2022/12/13/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh penulis yang melihat masih adanya beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam menulis. Terhadap hal ini penulis ingin melakukan penelitian lebih dalam terkait bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang guru lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis anak dan untuk mengetahaui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru meningkatkan kemampuan menulis anak. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi di TK Aisyiyah Hj. Alfiah Zaini Slatri. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas B3. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data lalu memverifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis pada anak di TK Aisyiyah Hj. Alfiah Zaini Slatri khususnya kelompok B3 sudah cukup baik. Sebagian anak mampu menulis dan membacakan namanya masing-masing sesuai dengan indikator dan standar kemampuan yang tercantum pada permendikbud nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Adapun kegiatan belajar mengajar di TK Aisyiyah Hj. Alfiah Zaini dilakukan setiap hari senin sampai sabtu. Kegiatan pada hari Senin sampai Kamis di isi penuh dengan kegiatan belajar sedangkan Jum?at dan Sabtu kegiatan belajar dilakukan setelah kegiatan lainnya. Kegiatan lain di sini adalah anak melakukan tahfiz terlebih dahulu sebelum akhirnya belajar. Terdapat tiga upaya yang diterapkan guru dalam meningkatkan kemampuan menulis anak yaitu: menggunakan prinsip pengulangan dimana guru melakukan pengulangan beberapa kali baik sebelum kegiatan menulis maupun setelah kegiatan menulis, prinsip penguatan dimana guru memberikan pujian dan kata-kata positif saat anak mau dan berhasil mengerjakan tugas, dan menggunakan metode menulis diantaranya: 1) latihan menggerakan tangan, 2) latihan menatap bentuk tulisan, 3) latihan menghubungkan titik-titik, dan 4) latihan menyalin, yang disesuaikan dengan tahap kemampuan anak. Dengan menggunakan media yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan menulis anak seperti pensil, pensil warna, buku, papan tulis dan lain sebagainya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Guru KW - Kemampuan Menulis KW - Anak Usia Dini M1 - skripsi TI - UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK KELOMPOK B3 DI TK AISYIYAH HJ. ALFIAH ZAINI SLATRI AV - restricted EP - 152 ER -