eprintid: 55958 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/59/58 datestamp: 2023-02-08 02:10:26 lastmod: 2023-02-08 02:10:26 status_changed: 2023-02-08 02:10:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Atsna Fuadiyah, NIM.: 17104030040 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID-19 ispublished: pub subjects: c19 subjects: met_pemb divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Luring, Pandemi Covid-19, Pendidikan note: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, M. M. abstract: Sejak terjadi pandemi Covid-19, berdampak terhadap semua aspek kehidupan. Demikian halnya dalam bidang pendidikan. Terjadi perubahan dalam pembelajaran. Semula pembelajaran dilaksanakan tatap muka, berubah menjadi pembelajaran daring. Namun seiring berkurangnya kasus covid 19, sekolah melaksaakan pembelajaran luring atau luar jaringan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengkaji implementasi pembelajaran luring pendidikan anak usia dini masa pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari 1orang kepala sekolah, 3 orang guru, dan 2 orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pembelajaran luring pendidikan anak usia dini masa pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran luring. Kedua, dampak implementasi pembelajaran luring pendidikan anak usia dini masa Covid-19 diantaranya guru lebih mudah dalam mengajar, anak lebih aktif dan lebih nyaman karena lingkungan yang mendukung. serta orang tua lebih mendukung dan tidak terbebani dengan tugas. Ketiga, faktor penghambat pembelajaran luring antara lain jumlah guru sedikit sehingga seringkali kesulitan dan tidak fokus terhadap pembelajaran. Hal ini disebabkan adanya tugas administrasi, sedangkan faktor pendukung adalah dukungan orang tua dalam persiapan guru melaksanakan pembelajaran luring yang baik. date: 2022-12-07 date_type: published pages: 154 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Atsna Fuadiyah, NIM.: 17104030040 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LURING PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55958/1/17104030040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55958/2/17104030040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf