eprintid: 55971 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/59/71 datestamp: 2023-02-08 04:42:43 lastmod: 2023-02-08 04:42:43 status_changed: 2023-02-08 04:42:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Lusi Marliyanti, NIM.: 17104080068 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI MI AL- MUHSIN I KRAPYAK ispublished: pub subjects: BB subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar. note: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd abstract: Pada proses pembelajaran permasalahan yang ditemukan yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA yang dijelaskan oleh pendidik, kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar, dan peserta didik beranggapan materi IPA hanya menghafal saja. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektif atau tidak dan seberapa besar efektifnya pembelajaran berbasis CTL dalam meningkatkan hasil belajar pada tema organ gerak hewan kelas V di MI AL- Muhsin I Krapyak. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desan penelitian quasi exprimental design. Penelitian ini menggunakan kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan populasi peserta didik kelas V MI AL- Muhsin I Krapyak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V A dan kelas V B di MI AL- Muhsin I Krapyak kelas V A berjumlah 20 peserta didik dan kelas V B berjumlah 20 peserta didik. Kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda (multiple choice) dan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang sebelumnya telah divalidasi oleh dua dosen ahli. Data yang telah terkumpul di uji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data analisis dan terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji hipotesis dengan uji Independent Sample T Test. Selanjutnya dilakukan uji efektivitas dengan melakukan uji N-gain dan menghitung persentase kenaikan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa uji hipotesis dengan Independent Sample T Test date: 2022-12-16 date_type: published pages: 239 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lusi Marliyanti, NIM.: 17104080068 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI MI AL- MUHSIN I KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55971/1/17104080068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55971/2/17104080068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf