@phdthesis{digilib55975, month = {November}, title = {E-ATLAS KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA PERMUKAAN TANAH DI CANDI ABANG SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17106080040 Nurman Kirat Al Nakir}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si}, keywords = {Arthropoda Permukaan Tanah, E-Atlas, Media Belajar, Biologi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55975/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman arthropoda permukaan tanah di Candi Abang Berbah Sleman Yogyakarta, mengembangkan E-Atlas sebagai media belajar biologi, dan mengetahui kualitas E-Atlas yang telah dikembangkan sehingga layak digunakan sebagai media belajar biologi tingkat SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari tahapan penelitian keanekaragaman arthropoda permukaan tanah di Candi Abang Berbah, Sleman. Penelitian keanekaragaman arthropoda permukaan tanah dihasilkan 27 jenis dengan jumlah individu sebanyak 1413 yang terdiri dari 17 famili dalam 7 ordo. Penelitian pengembangan media ini menggunakan model penelitian (R\&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil akhir media non-cetak yang diakses melalui link. Produk E-Atlas dinilai menggunakan instrumen penilaian yang dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi. Uji coba terbatas dilakukan kepada 31 peserta didik kelas X SMA N 1 Sewon Bantul. Hasil penilaian kualitas E-Atlas oleh ahli materi mendapatkan persentase 89,3\% dengan kategori Sangat Baik (SB), oleh ahli media mendapatkan persentase 98\% dengan kategori Sangat Baik (SB) ,oleh peer reviewer mendapatkan persentase 92,8\% dengan kategori Sangat Baik (SB), oleh guru biologi mendapatkan persentase 85\% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan respon dari peserta didik mendapatkan persentase 86,42\% dengan kategori Sangat Setuju (SS). Berdasarkan keseluruhan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Atlas keanekaragaman arthropoda permukaan tanah di Candi Abang layak digunakan sebagai media beajar biologi.} }