@phdthesis{digilib55992, month = {November}, title = {HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TAYANGAN EDUKASI ISLAMI DI TIKTOK DENGAN AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 5 SLEMAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104010074 Annaas Hafizh Ma?ruf}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, M.Si.}, keywords = {Intensitas, Tayangan Edukasi Islami, TikTok, Akhlak}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55992/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah adanya problematika yang menyangkut akhlak anak muda di era disrupsi yang penuh dengan kemajuan teknologi. Di sisi lain, banyak anak muda menjadi pengguna media sosial, salah satunya aplikasi TikTok. Disamping ada dampak baik media sosial terdapat kekhawatiran terhadap kondisi akhlak anak muda. Melihat fenomena ini, tentu menjadi perhatian atas dampak negatif yang berpotensi menjerumuskan anak muda berakhlak buruk. Problematika akhlak ini muncul sebagai tantangan dan ancaman era disrupsi yang penuh dengan paham pragmatisme. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan intensitas menonton tayangan edukasi Islami di TikTok dengan akhlak terpuji peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5 Sleman. Jumlah sampel sebanyak 85 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diambil dengan instrumen observasi dan angket. Uji hipotesis dilakukan menggunakan teknik analisis Rank Spearman, dengan software SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Intensitas menonton tayangan edukasi Islami di TikTok pada peserta didik mayoritas berkategori sedang. 2) Akhlak terpuji pada peserta didik mayoritas berkategori cukup baik. 3) Hasil uji hipotesis variabel intensitas menonton tayangan edukasi Islami di TikTok dengan akhlak terpuji menunjukkan nilai} }