@phdthesis{digilib55999, month = {December}, title = {PROGRAM KHUSUS FATHU KUTUB AT-TURAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA KITAB PADA SANTRI KELAS XII (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104020043 Isnaeni Abdul Azzam}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si, M.Pd}, keywords = {Pondok Pesantren, Bahasa Arab, Fat{\d h}u Kutub At-Turas}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/55999/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pondok pesatren Ibnul Qoyyim dalam meningkatkan motivasi membaca kitab pada santri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan fat{\d h}u kutub at-tur{\u a}{\.s} dalam meningkatkan motivasi membaca kitab siswa kelas XII pondok pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Untuk mengetahui pengaruh program khusus fat{\d h}u kutub at-tur{\u a}{\.s} kelas XII pondok pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta dalam meningkatkan motivasi membaca kitab pada santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data pada penelitian ini ialah ketua pelaksana kegiatan fat{\d h}u kutub at-tur{\u a}{\.s}, pelaksana kegiatan fat{\d h}u kutub at-tur{\u a}{\.s}, dan santri yang mengikuti kegiatan fat{\d h}u kutub at-tur{\u a}{\.s}. Teknik pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dokumentasi digunakan untuk menunjukkan peningkatan motivasi membaca kitab pada santri kelas XII. Hasil dari penelitian fat{\d h}u kutub at-tur{\u a}{\.s} dalam motivasi membaca kitab pada santri yaitu proses kegiatan dimulai dari Pembukaan dan pembekalan, bah{\.s}u al-ma{\.s}{\u a}il individu dengan bahasa Arab, Bah{\.s}u al-ma{\.s}{\u a}il kelompok dan penulisan makalah, presentasi fat{\d h}u kutub at-tur{\u a}{\.s} oleh Kelompok dan diakhiri dengan penutupan. Kegiatan ini menjadi kompetisi dalam menciptakan persaingan yang baik antara santri untuk terus mengasah kemampuan membaca. Adanya keinginan yang kuat pada santri. Dorongan dan kebutuhan dalam mengasah kemampuan bahasa Arab. Harapan yang tinggi dari dalam diri santri pada bahasa sebagai kunci untuk mempelajari ilmu pengetahuan dunia. Penghargaan bagi santri yang berprestasi. Didukung oleh lingkungan berbahasa yang kondusif sehingga santri dapat dengan mudah dalam menyelesaikan masalah yang didapat.} }