@phdthesis{digilib56002, month = {November}, title = {PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104030007 Kurnia Mufalakhah}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.}, keywords = {Sosial Emosional, Guru, Kelompok Anak Usia Dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56002/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B1 di TK Tunas Pancasila yang tidak memperlihatkan perkembangan sosial emosionalnya dengan baik ketika mereka kembali melakukan kegiatan belajar di sekolah, hal tersebut dikarenakan pada saat pandemi covid-19 anak diharuskan belajar di rumah. Oleh karena itu, guru memiliki peran penting dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1 di TK Tunas Pancasila Krasakageng. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan: (1) perkembangan sosial emosional anak Kelompok B1 di TK Tunas Pancasila Krasakageng; (2) peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1 di TK Tunas Pancasila Krasakageng; (3) faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1 di TK Tunas Pancasila Krasakageng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang dijabarkan secara deskripstif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2022 yang bertempat di TK Tunas Pancasila Krasakageng pada Kelompok B1. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas dan anak Kelompok B1. Teknik pengumpulan data dilaksankan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) perkembangan sosial emosional anak Kelompok B1 di TK Tunas Pancasila menunjukkan hasil mulai berkembang. Hal teebut dibuktikan dengan hasil persentase perkembangan sosial emosional anak Kelompok B1 yaitu, terdapat 3 anak (BB), 10 anak (MB), 5 anak (BSH) dan 0 anak (BSB); (2) Peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1 dinilai cukup baik karena peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini sudah berperan sebagai informator, organisator, motivator, pembimbing, inisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator; (3) faktor pendukung lingkungan yang kondusif dan adanya buku komunikasi, sedangkan faktor penghambat terbatasnya jumlah guru dan mood anak yang sering berubah. Dapat disimpulkan hasil penelitian perkembangan sosial emosional pada anak di Kelompok B1 telah menunjukkan perkembangan mulai berkembang, peranan guru dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1 sudah berperan dengan baik, dan jumlah guru yang sedikit serta emosi anak yang sering berubah menjadi faktor penghambat bagi peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1.} }