<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B1 di TK Tunas Pancasila\r\nyang tidak memperlihatkan perkembangan sosial emosionalnya dengan baik ketika\r\nmereka kembali melakukan kegiatan belajar di sekolah, hal tersebut dikarenakan pada\r\nsaat pandemi covid-19 anak diharuskan belajar di rumah. Oleh karena itu, guru\r\nmemiliki peran penting dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1\r\ndi TK Tunas Pancasila Krasakageng.\r\nTujuan penelitian ini untuk mendekripsikan: (1) perkembangan sosial\r\nemosional anak Kelompok B1 di TK Tunas Pancasila Krasakageng; (2) peran guru\r\ndalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1 di TK Tunas Pancasila\r\nKrasakageng; (3) faktor pendukung dan faktor penghambat peran guru dalam\r\nmengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1 di TK Tunas Pancasila\r\nKrasakageng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif\r\nyang dijabarkan secara deskripstif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini\r\ndilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2022 yang bertempat di TK Tunas\r\nPancasila Krasakageng pada Kelompok B1. Subjek penelitian ini adalah kepala\r\nsekolah, wali kelas dan anak Kelompok B1. Teknik pengumpulan data dilaksankan\r\ndengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan\r\ndengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan uji keabsahan data\r\nyang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan (1) perkembangan sosial emosional anak\r\nKelompok B1 di TK Tunas Pancasila menunjukkan hasil mulai berkembang. Hal\r\nteebut dibuktikan dengan hasil persentase perkembangan sosial emosional anak\r\nKelompok B1 yaitu, terdapat 3 anak (BB), 10 anak (MB), 5 anak (BSH) dan 0 anak\r\n(BSB); (2) Peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1\r\ndinilai cukup baik karena peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak\r\nusia dini sudah berperan sebagai informator, organisator, motivator, pembimbing,\r\ninisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator; (3) faktor pendukung lingkungan yang\r\nkondusif dan adanya buku komunikasi, sedangkan faktor penghambat terbatasnya\r\njumlah guru dan mood anak yang sering berubah. Dapat disimpulkan hasil penelitian\r\nperkembangan sosial emosional pada anak di Kelompok B1 telah menunjukkan\r\nperkembangan mulai berkembang, peranan guru dalam mengembangkan sosial\r\nemosional anak Kelompok B1 sudah berperan dengan baik, dan jumlah guru yang\r\nsedikit serta emosi anak yang sering berubah menjadi faktor penghambat bagi peran\r\nguru dalam mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B1."^^ . "2022-11-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18104030007"^^ . "Kurnia Mufalakhah"^^ . "NIM.: 18104030007 Kurnia Mufalakhah"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Text)"^^ . . . . . "18104030007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Text)"^^ . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #56002 \n\nPERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK TUNAS PANCASILA KRASAKAGENG\n\n" . "text/html" . . . "Psikologi"@en . . . "Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah" . . . "Kyai - Ustadz - Guru" . .