%A NIM.: 18104030046 Anisa Niari Fitri %O Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, M,Pd %T PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A TK MASYITHOH KARANGMOJO BANTUL YOGYAKARTA %X Anak usia 4 sampai 5 tahun merupakan usia yang berada pada masa keemasan atau the golden age. Pada periode ini dikenal sebagai masa terjadi perkembangan yang luar biasa dan terbaik dalam kehidupan manusia yang didalamnya juga terdapat perkembangan emosional. Karakteristik dalam diri anak, kematangan, pembelajaran, dan lingkungan menjadi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan emosioanl. Di era digital ini, menurut berbagai studi kehadiran gadget dalam lingkungan anak dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan emosionalnya. Gadget merupakan produk kemajuan teknologi dengan bentuk yang fleksibel dengan dilengkapi berbagai fitur yang membuatnya memiliki gaya tarik tersendiri bagi anak usia dini. Termasuk bagi anak kelompok A di TK Masyithoh Karangmojo Bantul Yogyakarta, dimana dari fenomenal yang peneliti temui mayoritas anak di lingkungan tersebut telah menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-harinya. Ada tiga tujuan dalam penelitian ini yaitu antara lain: 1) untuk mengetahui intensitas penggunaan gadget anak kelompok A TK Masyithohh Karangmojo Bantul Yogyakarta; 2) untuk mengetahui perkembangan emosional anak kelompok A TK Masyithoh Karangmojo Bantul Yogyakarta; dan 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak kelompok A TK Masyithoh Karangmojo Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode survei bersifat asosiasi kausal. Penelitian ini terdiri dari 36 responden yang dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling dan pengumpulan data melalui kuesioner yang kemudian dilakukan analisis menggunakan uji kendall’s tau. Hasil penelitian ini yaitu antara lain: 1) intensitas penggunaan gadget anak kelompok A TK Masyithoh Karangmojo Bantul Yogyakarta menunjukkan bahwa 36,1% responden dikategorikan sebagai pengguna gadget dengan intensitas rendah, 38,9% responden pengguna gadget dengan dengan intensitas sedang, dan sebesar 25,0% responden pengguna gadget dengan intensitas tinggi; 2) perkembangan emsoional anak kelompok A TK Masyithoh Karangmojo Bantul Yogyakarta menunjukkan bahwa sebesar 72,2% resonden masuk dalam kategori perkembangan normal, 19,4% responden masuk dalam kategori konseling, dan sebesar 8,3% responden dalam kategori rujuk; 3) ada pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak kelompok A TK Masyithoh Karangmojo Bantul Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan hasil uji kendall's tau yang menunjukkan bahwa nilai sig.(2.tailed) = 0,00 < 0,05. %K Perkembangan Emosional, Penggunaan Gadget, Emosional Anak %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56003