%0 Thesis %9 Skripsi %A Bernika Salma Aliifah, NIM.: 18104080015 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:56005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Dukungan Orangtua, Konsentrasi Belajar, Proses Pembelajaran %P 141 %T HUBUNGAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS I DI MIN 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56005/ %X Konsentrasi belajar adalah pemusatan perhatian dalam proses perubahan tingkah laku untuk memperoleh pemahaman, konsentrasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal. Dukungan orangtua merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Pada siswa kelas I yang sebelumnya duduk di bangku taman kanak-kanak dimana belajar dilaksanakan sambil bermain, ketika sekolah dasar mereka harus menyesuaikan pembelajaran yang berbeda. Hal tersebut sangat dibutukan dukungan dari orangtua agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan konsentrasi saat guru menjelaskan ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat dikatakan berhasil ketika proses pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan yang dijalani oleh siswa karna konsentrasi dan memahami pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini memperoleh data yaitu: hasil skor dukungan orangtua yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada orangtua dan hasil skor konsentrasi belajar yang diperoleh dari observasi siswa ketika pembelajaran yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di MIN 1 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara dukungan orangtua dengan tingkat konsnetrasi belajar siswa kelas I di MIN 1 Yogyakarta.. Diperoleh dari hasil uji hipotesis menggunakan korelasi product moment yaitu terdapat hubungan positif antara dukungan orangtua dengan tingkat konsentrasi belajar siswa kelas I di MIN 1 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari hasil hitungan dengan SPSS Statistics yang memperoleh nilai signifikan sebesar 0,045 sehingga nilai Sig < 0,05. Jadi HO ditolak dan Ha diterima. Dengan derajat hubungan positif antara variabel dukungan orangtua (X) dengan variabel konsentrasi belajar (Y). Maksud dari hubungan yang positif adalah semakin tinggi dukungan orangtua, maka semakin tinggi juga konsentrasi belajar. Dan memiliki korelasi yang sedang. Sehingga ketika siswa memiliki dukungan orangtua yang tinggi maka akan mempengaruhi konsentrasi belajarnya ketika disekolah. Dan berdasarkan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana yaitu dukungan orangtua (variabel X) berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa (variabel Y) di MIN 1 Yogyakarta. Hasil hitungan menggunakan SPSS Statistics 24 adalah 0,045 sehingga nilai sig < 0,05. Jadi HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel dukungan orangtua (X) berpengaruh terhadap variabel konsentrasi belajar (Y). %Z Pembimbing: Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I