relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56035/ title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X creator: Zahara Naufallinda Sidik, NIM.: 19104060001 subject: Evaluasi Pendidikan subject: Pendidikan Kimia description: Pembelajaran merupakan kegiatan utama suatu pendidikan di sekolah. Tindakan yang dilakukan oleh pendidik pada kegiatan belajar mendorong tumbuh kembang peserta didik. Output yang diharapkan setelah kegiatan belajar diantaranya adalah critical thinking. Critical thinking menjadikan peserta didik berpikir dan bekerja serta dapat mengkaitkan pembelajaran dengan hal lain. Critical thinking melatih peserta didik menemukan solusi yang akurat serta terstruktur. Critical thinking skill mendorong peserta didik menganalisis dan mengevaluasi informasi yang relevan dan valid. Paradigma pembelajaran saat ini telah beralih dari teacher-centered ke student-centered, namun pelaksanaannya masih belum ideal. Minimnya pemahaman konsep berpikir kritis menjadi masalah yang dihadapi khususnya pada pembelajaran kimia. Salah satu materi yang dianggap sukar, dan bersifat abstrak adalah reaksi redoks. Oleh karena itu, perlunya model pembelajaran beserta media yang tepat guna mengoptimalkan pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya guna model PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep reaksi redoks. Penelitian ini memakai metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, kelas 10 IPA 5 (eksperimen) dan 10 IPA 3 (kontrol). Teknis analisis menggunakan soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan nilai sig. soal tes 0.03<0.05 dan sig. angket 0.02<0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan pembelajaran PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep materi reaski redoks efektif digunakan. date: 2022-12-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56035/1/19104060001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56035/2/19104060001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Zahara Naufallinda Sidik, NIM.: 19104060001 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.