eprintid: 56035 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/60/35 datestamp: 2023-02-09 08:35:01 lastmod: 2023-02-09 08:35:01 status_changed: 2023-02-09 08:35:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Zahara Naufallinda Sidik, NIM.: 19104060001 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Reaksi Redoks, Problem Based Learning, Chemistry Mystery Box note: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc. abstract: Pembelajaran merupakan kegiatan utama suatu pendidikan di sekolah. Tindakan yang dilakukan oleh pendidik pada kegiatan belajar mendorong tumbuh kembang peserta didik. Output yang diharapkan setelah kegiatan belajar diantaranya adalah critical thinking. Critical thinking menjadikan peserta didik berpikir dan bekerja serta dapat mengkaitkan pembelajaran dengan hal lain. Critical thinking melatih peserta didik menemukan solusi yang akurat serta terstruktur. Critical thinking skill mendorong peserta didik menganalisis dan mengevaluasi informasi yang relevan dan valid. Paradigma pembelajaran saat ini telah beralih dari teacher-centered ke student-centered, namun pelaksanaannya masih belum ideal. Minimnya pemahaman konsep berpikir kritis menjadi masalah yang dihadapi khususnya pada pembelajaran kimia. Salah satu materi yang dianggap sukar, dan bersifat abstrak adalah reaksi redoks. Oleh karena itu, perlunya model pembelajaran beserta media yang tepat guna mengoptimalkan pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya guna model PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep reaksi redoks. Penelitian ini memakai metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, kelas 10 IPA 5 (eksperimen) dan 10 IPA 3 (kontrol). Teknis analisis menggunakan soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan nilai sig. soal tes 0.03<0.05 dan sig. angket 0.02<0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan pembelajaran PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep materi reaski redoks efektif digunakan. date: 2022-12-09 date_type: published pages: 171 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zahara Naufallinda Sidik, NIM.: 19104060001 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56035/1/19104060001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56035/2/19104060001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf