@phdthesis{digilib56038, month = {December}, title = {PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN SOFTWARE ANIMIZ PADA MATERI HIDROKARBON}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104060021 Arnanda Irawan}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.}, keywords = {Pembelajaran Daring, Animiz, Hidrokarbon}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56038/}, abstract = {Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) memunculkan paradigma baru tentang suatu hal yang dianggap tidak mungkin menjadi mungkin dilakukan. Dalam dunia pendidikan, kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka di dalam kelas kini juga harus dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh kenyataannya kurang efektif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka, sehingga perlu pemanfaatan media pembelajaran. Berbagai perangkat lunak (software) baik yang gratis maupun berbayar dapat dimanfaatkan oleh seorang guru untuk mengembangkan media pembelajaran. Salah satunya adalah software Animiz Animation Maker. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan software Animiz Animation Maker pada materi hidrokarbon serta menguji kualitasya Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R\&D) melalui model pengembangan 4-D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, tetapi hanya dibatasi sampai tahap develop saja. Produk divalidasi dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Produk selanjutnya dinilaikan kualitasnya oleh masing-masing satu ahli materi dan media, empat guru kimia, serta direspon oleh sepuluh peserta didik. Skala Likert digunakan sebagai lembar angket penilaian kualitas dan skala Guttman digunakan sebagai lembar angket respon peserta didik. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa video pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh persentase keidealan sebesar 84\% termasuk kategori Sangat Baik, ahli media sebesar 95\% termasuk kategori Sangat Baik, dan reviewer sebesar 87\% termasuk kategori Sangat Baik. Respon siswa memperoleh persentase keidealan sebesar 97\% sehingga video animasi ini dapat digunakan sebagai alternatif media dalam pembelajaran daring.} }