TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. M. Jafar Shodiq, M.S.I. ID - digilib56042 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56042/ A1 - Wahyu Rahmadsyah Berutu, NIM.: 19204020032 Y1 - 2022/12/16/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap media pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan mufrod?t santri kelas X MA Miftahunnajah Sleman Yogyakarta. Hal ini didasari bahwasanya sebagian besar santri berasal dari sekolah umum yang belum pernah belajar bahasa Arab. Disamping itu pembelajaran dewasa ini menuntut adanya inovasi dan integrasi dengan teknologi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media berbasis multimedia menggunakan Videoscribe dalam pembelajaran bahasa Arab yang bertujuan untuk: 1) Mendesain media Videoscribe dalam pembelajaran mufrod?t. 2) Menguji validasi media. 3) Mengetahui kelayakan dan efektivitas media Videoscribe dalam meningkatkan penguasaan mufrod?t santri MA Miftahunnajah Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model Borg and Gall. Variabel dalam penelitian ini adalah pengembangan media Videoscribe dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media. Sedangkan variabel yang kedua yaitu adanya peningkatan mufrod?t santri setelah diterapkannya media Videoscribe pada pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media Videoscribe untuk santri kelas X semester ganjil. Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli materi terhadap produk ini mendapatkan skor 59 dari skor tertinggi 70 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 84,28%. Hasil penilaian dari ahli media terhadap produk ini mendapatkan skor 65 dari skor 70 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 92,85. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok luas pada santri kelas X MA Miftahunnajah Sleman menunjukkan adanya peningkatan mufrod?t santri dengan rata-rata posttest (77,08) lebih besar dari nilai pretest (62,60). Hasil perhitungan dengan menunjukkan uji t bahwa nilai signifikan 0,000 < dan setelah penggunaan media Videoscribe berpengaruh positif terhadap prestasi pembelajaran mufrod?t santri dan media Videoscribe dapat dijadikan sebagai media pembelajaran mufrod?t untuk peserta didik kelas X SMAI/MA. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Media Pembelajaran KW - Pengembangan Pembelajaran KW - Videoscribe M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODAT MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOCRIBE BAGI SANTRI MA PONDOK PESANTREN MIFTAHUNNAJAH SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 170 ER -