%0 Thesis %9 Skripsi %A SUHARTANTI - NIM. 03220010, %B Fakultas Dakwah %D 2011 %F digilib:5605 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Konseling Kelompok, kesulitan dalam belajar %T PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN DALAM BELAJAR (Studi Kasus di MTs N Pundong) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5605/ %X Pelaksanaan Konseling kelompok adalah suatu metode atau cara yang dilakukan oleh seseorang konselor untuk memberikan bantuan dalam menyelesaikan permasalahan orang lain (klien) yang didalamnya terhadap hubungan timbal balik atau interaksi antara konselor sekolah dengan para murid. Kesulitan Belajar adalah suatu keadaan di mana siswa mengalami kesukaran dalam serangkaian aktivitas belajar Prestasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor, internal, dan ekternal. Penyebab kesulitan belajar (learning disabilities) adalah faktor internal, yaitu kemungkinan adanya disfungsi neurologis, sedangkan penyebab problema belajar (learning problems) adalah faktor ekternal, yaitu antara lain berupa strategi pembelajaran yang keliru, pengelolaan kegiatan belajar yang tidak membangkitkan motivasi belajar anak, dan pemberian ulangan penguatan (reinforcement) yang tidak tepat. Metode pengumpulan data sebagai berikut: 1). Interview atau wawancara adalah Tanya jawab lisan antar dua orang atau lebih secara langsung. 2).dokumentasi adalah teknik pengumpulan data dengan dokumentasi adalah pengambilan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan konseling kelompok di MTs N Pundong adalah: Pelaksanaan konseling kelompok Menggunakan metode ceramah, guru BK dalam menyampaikan materi pengenalan tentang BK menggunakan metode tanya jawab sebagai upaya dalam merangsang keaktifan siswa untuk mengemukakan apa yang belum dimengerti mengenai materi yang disampaikan. %Z Pembimbing: Muhsin Kalida, S.Ag, MA,