@mastersthesis{digilib56074, month = {November}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-ISTIMA? DAN AL-KALAM BERBASIS MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM MAHASISWA PBA UIN SULTAN THAHA SYAIFUDDIN JAMBI TAHUN PELAJARAN 2021/2022}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20204021028 Adelia Dwi Karenina}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah,S.Ag.,M.Ag}, keywords = {Media Pembelajaran, Maharah Al-Istima?, Maharah Al-Kalam, Media Sosial, Aplikasi Instagram}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56074/}, abstract = {Penelitian ini dilaksanakan karena kurang tersedianya media pembelajaran pada mata kuliah Mah{\=a}rah Al-Istim{\=a}? dan mah{\=a}rah al-kal{\=a}m yang memunculkan berbagai problematika lainnya dalam proses pembelajaran. Sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendesain media pembelajaran untuk mah{\=a}rah al-istim{\=a}? dan mah{\=a}rah al-kal{\=a}m berbasis media sosial menggunakan aplikasi Instagram dan 2) mengetahui hasil serta implementasi media pembelajaran tersebut. Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R\&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan responden sebanyak 40 mahasiswa pada mata kuliah mah{\=a}rah al-istim{\=a}? dan mah{\=a}rah al-kal{\=a}m di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi. Sementara itu, teknik pengambilan data adalah berupa observasi, wawancara, dan kuesioner untuk mengetahui kelayakan komponen materi, tampilan, dan pengoperasian/penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Instagram yang diajukan ke ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Temuan penelitian ini antara lain: 1) Proses desain dimulai dari penyusunan materi hingga pengunggahan video pada aplikasi Intagram. Kemudian, peneliti menguji kelayakan media pembelajaran dengan meminta saran kepada ahli media mah{\=a}rah al-istim{\=a}? didapatkan persentase sebesar 88,3\% dengan kategori sangat layak. Begitupun dengan hasil uji ahli materi sebesar 89,2 \%. Adapun hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli media mah{\=a}rah alkal{\=a}m didapatkan persentase sebesar 95,8 \% dengan kategori sangat layak. Demikian juga dengan hasil uji uji ahli materi sebesar 85 \% dengan kategori sangat layak. 2) Media pembelajaran berbasis aplikasi Instagram ini diimplementasikan pada mata kuliah mah{\=a}rah al-istim{\=a}? dan mah{\=a}rah al-kal{\=a}m. Sementara itu, respon mahasiswa terhadap media pembelajaran mah{\=a}rah alistim{\=a}? adalah sebesar 80,7 \% dengan kategori sangat layak. Rerata dari hasil uji ahli dan uji coba di adalah sebesar 86,7\%, artinya media pembelajaran mah{\=a}rah al-istim{\=a}? dengan aplikasi Instagram ini sangat layak. Hasil yang sama terjadi pada media pembelajaran mah{\=a}rah al-kal{\=a}m dengan persentase sebesar 85,2 \%. Rerata dari hasil pengujian didapatkan persentase sebesar 88,7\%. Artinya, media pembelajaran mah{\=a}rah al-kal{\=a}m berbasis aplikasi Instagram ini juga sangat layak digunakan dalam pembelajaran mah{\=a}rah al-istim{\=a}? dan mah{\=a}rah al-kal{\=a}m.} }