TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag. ID - digilib56076 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56076/ A1 - Yusuf Muhtarom, NIM.: 20204022002 Y1 - 2022/12/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kebutuhan siswa akan bahan ajar digital bahasa Arab ditinjau dari teori belajar kognitif Jerome S Bruner.; (2) Untuk mendesain pengembangan bahan ajar digital bahasa Arab ditinjau dari teori Jerome S Bruner; (3) Untuk mengetahui efektifitas buhan ajar digital berbasis teori Jerome S Bruner untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa di SMP Diponegoro Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kategori penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Desain (rancangan), Development (mengembangkan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, angket dan tes. Berdasarkan tahapan tersebut telah menghasilkan bahan ajar digital bahasa Arab berbasis android yang telah lolos uji validasi oleh ahli materi, guru, dan ahli media. Hasil validasi dari beberapa ahli materi, ahli media dan guru terhadap bahan ajar digital bahasa Arab berada pada tingkat kategori sangat baik. Hasil penilaian validasi dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4 dengan presentase 80 % dalam kategori baik, validasi guru mendapatkan skor rata-rata 4 dengan presentase 82,11 % dalam kategori baik dan validasi ahli media dengan skor rata-rata 3,14 dengan presentase 62, 86 % dalam kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) siswa dan guru SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta membutuhkan pengembangan terhadap bahan ajar yang digunakan saat ini menjadi bahan ajar digital sehingga lebih menarik dan inovatif dengan konsep teori psikologi Jerome S Bruner. 2) desain bahan ajar digital bahasa Arab terdiri dari halaman utama, menu pilihan, materi yang menarik yang di desain menggunakan gambar dan animasi serta audio yang memudahkan siswa membaca materi bahasa Arab, dan latihan soal untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. 3) hasil pengembangan dan implementasi produk bahan ajar digital bahasa Arab terhadap keefektifan dalam meningkatkan keteranpilan bahasa Arab siswa kelas IX SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta dapat dibuktikan melalui soal pretest dan posttest yaitu pada perbedaan skor rata-rata 46,17 sebelum menggunakan produk dan 82,35 setelah menggunakan produk bahan ajar digital. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar digital bahasa Arab berbasis teori Jerome S Bruner mempunyai efektifitas yang baik dalam meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa di SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bahan Ajar Digital KW - Pembelajaran Bahasa Arab KW - Psikologi Kognitif M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BAHASA ARAB K13 DI SMP DIPONEGORO DEPOK UNTUK PENINGKATAN MAHARAH LUGAWIYAH SISWA KELAS IX (PERSPEKTIF PSIKOLOGI KOGNITIF JEROME S BRUNER) AV - restricted EP - 164 ER -