relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56078/ title: PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL DAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM POLA ASUH DI LEMBAGA SOSIAL creator: Nola Yolanda Oktaviola, NIM.: 20200012067 subject: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja subject: Pekerjaan Sosial description: Perkembangan psikososial anak dan kepribadian anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh dalam keluarga atau lembaga-lembaga sosial. Penelitian ini memfokuskan pada perkembangan psikososial anak dan kepribadian anak di Yayasan Mizan Amanah Yogyakarta dalam hal ini berupa panti asuhan. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang menjadi fokus dalam tesis ini yaitu : 1) Tindakan apa saja yang dilakukan oleh para pengasuh dalam membangun kepribadian anak di Yayasan mizan Amanah Yogyakarta? 2) Bagaimana dampak pola asuh dalam perkembangan kepribadian anak di Yayasan Mizan Amanah Yogyakarta?. Dengan tujuan agar pembaca mengetahui dan mendapatkan manfaat tindakan dan pola asuh yang mempengaruhi dan memberi dampak pada perkembangan psikososial dan kepribadian anak. Penelitian ini dilandaskan pada dua teori utama yaitu perkembangan psikososial Erik Erikson dan teori kognitif sosial Albert Bandura, metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif-analisis deskriptif dengan sumber data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan analisis di lokasi penelitian Yayasan Mizan Amanah Yogyakarta dengan dasar teori yang ada, serta buku, literasi, dan dokumen atau bahan bacaan lainnya. Pola asuh yang diteliti diperoleh dari observasi dan wawancara dengan pengasuh dan staff di lokasi penelitian sebagai kondisi sosial yang ada, dan analisis perkembangan psikososial dan kepribadian anak didapat dari observasi dan wawancara terhadap tindakan dan jawaban-jawaban anakanak yang ada di lokasi penelitian. Hasil penelitian dan kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa tindakan sebagai bentuk pola asuh oleh panti asuhan Yayasan Mizan Amanah Yogyakarta pada anak yatim dan dhuafa lebih cenderung pada pola asuh situasional, yang mana pola asuh tersebut memberikan dampak terhadap perkembangan psikososial dan perkembangan kepribadian anak. Pola asuh situasional dapat mengantisipasi maladaptif pada perkembangan psikososial baik yang sifatnya preventif atau solutif dan pada kepribadian anak pengasuh dapat menjadi role-model yang ideal dengan cara melihat perspektif anak dalam memandang lingkungan sosialnya. Dan hasil penelitian lainnya adalah wawancara dengan anak kebanyakan diantara sedang dalam tahap psikososial produktif melawan inferioritas dan ada sedikit yang perkembangannya tersebut lebih cepat dari yang lain, sedangkan pada perkembangan kepribadian mereka, anak-anak lebih condong mengambil role model pengasuh mereka di panti asuhan daripada di sekolah yang terlihat dari cara mereka berkomunikasi, bersosial maupun dalam hal akademis, di sinilah pola asuh situasional berperan penting dalam proses belajar sosial anak-anak di panti asuhan. date: 2022-12-16 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56078/1/20200012067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56078/2/20200012067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Nola Yolanda Oktaviola, NIM.: 20200012067 (2022) PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL DAN KEPRIBADIAN ANAK DALAM POLA ASUH DI LEMBAGA SOSIAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.