%0 Thesis %9 Masters %A Gita Fitri Handayani, S.Psi., NIM.: 20200012049 %B PASCASARJANA %D 2022 %F digilib:56080 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K disiplin;kontrol diri; orang tua; siswa %P 165 %T KONTROL DIRI SISWA DITINJAU DARI PERSEPSI ANAK TERHADAP DISIPLIN ORANG TUA DI MTSN KABUPATEN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56080/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan kontrol diri terhadap persepsi disiplin orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar sumbangan persepsi terhadap disiplin orang tua dalam kontrol diri. Subjek penelitian ini merupakan siswa MTSN di Bantul sebanyak 288 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan skala persepsi terhadap disiplin orang tua serta skala kontrol diri yang tiap- tiap mendapatkan koefesien alpha( reliabilitas) sebesar 0, 815 serta 0, 804. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini memakai stratified cluster random sampling yang ialah sesuatu tipe metode sampling dimana peneliti membagi populasi jadi sebagian kelompok yang terpisah yang diucap selaku cluster. Dari sebagian cluster ini diambil sebagian sampel yang diseleksi secara random ataupun acak dari 9 MTSN di Kabupaten Bantul. Tata cara analisis informasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan korelasi. Hasil analisis membuktikan kalau variabel anggapan terhadap disiplin orang tua serta kontrol diri mempunyai nilai r sebesar 0, 732 serta nilai signifikansi ataupun p=0, 000. Bila nilai signifikansi=0, 000( p < 0, 05) berarti perihal ini menunjukan terdapatnya hubungan antara kontrol diri siswa dengan persepsi terhadap disiplin orang tua positif yang signifikan. Semakin positif persepsi terhadap disiplin orang tua, semakin baik kontrol diri pada siswa. Begitu juga sebaliknya, semakin negatif persepsi terhadap disiplin orang tua, semakin buruk kontrol diri pada siswa. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima. Adapun sumbangan efektif variable persepsi terhadap disiplin orang tua dan kontrol diri sebesar 0,536 (53,6%). %Z Pembimbing: Dr. R. Rachmy Diana S.Psi, M.A.