%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurul Istiqamah, NIM.: 16430003 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2022 %F digilib:56212 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K model pembelajaran klasikal; peserta didik; TPA %P 200 %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL PADA KELAS B2 DI TK NEGERI 01 PEMBINA RABA KOTA BIMA NTB %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56212/ %X Pada saat covid-19, pembelajaran mengalami hambatan dan kesulitan, hal ini disebabkan karena terjadinya pandemi yang berkepanjangan melanda seluruh wilayah negara Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Kondisi ini berdampak terhadap segala aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan. Pendidikan tidak dapat berjalan secara optimal di berbagai tingkat satuan pendidikan. Salah satunya lembaga PAUD yang di dalamnya mengelola Taman Kanak-kanak. Guru mengalami kesulitan menentukan model pembelajaran. Oleh karena itu, pemilihan model pembeljaran seharusnya tepat sesuai kondisi. Tujuan penelitian meneliti implementasi model pembelajaran klasikal pada kelas B2 di TK Negeri Pembina 01 Raba Kota Bima NTB. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Narasumber melibatkan seorang kepala sekolah, 3 orang guru, dan seluruh siswa berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles Hubberman meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pembelajaran klasikal pada kelas B2 di TK Negeri 01 Pembina Raba Kota Bima di laksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, faktor penghambat terlaksananya implementasi model pembelajran klasikal pada kelas B2 di TK Negeri Pembina 01 Raba Kota Bima NTB.Di kelas B2 TK Negeri Pembina 01 Raba Kota Bima NTB. Hal ini di buktikan pelajaran kurang menarik minat anak, gurunya kurang kreatif dalam memilih model pembelajaran, dan orangtuanya kurang mendukung. Ketiga, hasil penerapan pembelajaran klasikal pada kelas B2 di TK Negeri Pembina 01 Kota Bima NTB menunjukkan kurang optimal, hal ini di sebabkan karena tidak sesuai situasi dan kondisi. %Z Pembimbing: Siti Zubaedah,S.Ag, M.Pd.