eprintid: 56224 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/62/24 datestamp: 2023-02-14 06:40:49 lastmod: 2023-02-14 06:40:49 status_changed: 2023-02-14 06:40:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Eva Asngadzatul Afifah, NIM.: 16430012 title: UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TERLAMBAT MENGENAL HURUF ABJAD KELOMPOK B DI TK PELANGI JEKANI ispublished: pub subjects: s_piaud subjects: ust_ divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: anak usia dini; guru; huruf abjad; pembelajaran efektif note: Pembimbing; Dra. Nadlifah, M.Pd. abstract: Mengenal huruf merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan untuk anak. Oleh karena itu keterlambatan mengenal huruf dapat mempengaruhi perkembangan permulaan anak. Penelitian ini dilatar belakangi adannya hambatan yang didasari oleh kekeliruan siswa dalam mengenal huruf abjad. Dalam hal ini, pendidik dan orangtua harus mampu bekerjasama mengatasi permasalahan yang terjadi, tentunya dengan cara berbeda-beda berdasarkan faktor penyebabnya. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam tentang upaya guru dalam menangani anak yang terlambat mengenal huruf abjad pada kelompok B di TK Pelangi Jekani dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi keterlambatan anak dalam mengenal huruf abjad pada Kelompok B di TK Pelangi Jekani. Metode penelitian ini yaitu kualitataif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 19 anak yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Obyek yang diteliti adalah keterlambatan pengenalan huruf Abjad. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan model Miles dan Huberman yaitu data reducation, data display dan data conclusion drawing/verivication, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan (1) upaya guru menangani anak yang terlambat mengenal huruf abjad pada kelompok B di TK Pelangi Jekani dilaksanakan melalui tahapan yaitu: kegiatan pembelajaran mengenal huruf abjad, menggunakan media pembelajaran dan les privat bagi anak yang terlambat mengenal huruf abjad. (2) Faktor pendukung dalam menangani anak yang terlambat mengenal huruf abjad yaitu: penyediaan media main, pemberian tugas, selalu diberi motivasi. Sedangkan faktor penghambat dalam menangani anak yang terlambat mengenal huruf abjad yaitu pertemuan tatap muka terbatas dan kebiasaan anak yang berubah. date: 2022-11-15 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Eva Asngadzatul Afifah, NIM.: 16430012 (2022) UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TERLAMBAT MENGENAL HURUF ABJAD KELOMPOK B DI TK PELANGI JEKANI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56224/1/16430012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56224/2/16430012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf