@phdthesis{digilib56226, month = {November}, title = {PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) PADA MATERI INVERTEBRATA SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16680037 Khoirun Najah}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Runtut Prih utami, S.Pd., M.Pd.}, keywords = {bahan ajar; E-Modul; invertebrata; Modified Free Inquiry; pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56226/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul biologi Berbasis Modified Free Inquiry (MFI) Pada Materi Invertebrata Sebagai Bahan Ajar Mandiri dan mengetahui kualitas E-Modul. Penelitian ini termasuk Penelitian Pengembangan Research and Development (R \& D) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, Development dan Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket. Kualitas E-Modul di nilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, 3 guru biologi, dan 15 respon siswa kelas X MIPA MA WI Kebarongan Banyumas. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Produk E-Modul biologi berbasis Modified Free Inquiry dikembangkan dengan model ADDIE pada sub materi Invertebrata untuk kelas X MIPA MA WI Kebarongan Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul memiliki kualitas sangat baik dengan masing-masing persentase sebesar 81,67\% (ahli materi), 92,27\% (ahli media), 87,36\% (peer reviewer), 87,92\% (guru biologi), dan respon siswa sebesar 93,52\%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk E-Modul Biologi berkualitas sangat baik sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri siswa kelas X MIPA MA WI Kebarongan Banyumas.} }