%0 Thesis %9 Skripsi %A Khoirun Najah, NIM.: 16680037 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2022 %F digilib:56226 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K bahan ajar; E-Modul; invertebrata; Modified Free Inquiry; pembelajaran %P 226 %T PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) PADA MATERI INVERTEBRATA SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56226/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul biologi Berbasis Modified Free Inquiry (MFI) Pada Materi Invertebrata Sebagai Bahan Ajar Mandiri dan mengetahui kualitas E-Modul. Penelitian ini termasuk Penelitian Pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, Development dan Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket. Kualitas E-Modul di nilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, 3 guru biologi, dan 15 respon siswa kelas X MIPA MA WI Kebarongan Banyumas. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Produk E-Modul biologi berbasis Modified Free Inquiry dikembangkan dengan model ADDIE pada sub materi Invertebrata untuk kelas X MIPA MA WI Kebarongan Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul memiliki kualitas sangat baik dengan masing-masing persentase sebesar 81,67% (ahli materi), 92,27% (ahli media), 87,36% (peer reviewer), 87,92% (guru biologi), dan respon siswa sebesar 93,52%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk E-Modul Biologi berkualitas sangat baik sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri siswa kelas X MIPA MA WI Kebarongan Banyumas. %Z Pembimbing: Runtut Prih utami, S.Pd., M.Pd.