eprintid: 56247 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/62/47 datestamp: 2023-02-15 02:03:25 lastmod: 2023-02-15 02:03:25 status_changed: 2023-02-15 02:03:25 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ferninda Dewi Kurniastuti, NIM.: 17106000037 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: pendekatan PMRI; peserta didik; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); pendidikan matematika; note: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan peserta didik pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah belum adanya bahan ajar yang mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Upaya untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan LKPD dengan pendekatan PMRI untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model PPE dengan tiga tahapan yaitu Planning (perencanaan), Production (produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validitas produk. Kriteria kualitas LKPD dilakukan melalui penilaian validasi produk yang terdiri dari dua validator ahli. Berdasarkan dari hasil penilaian menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan PMRI untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi persamaan nilai mutlak linear satu variabel kelas X diperoleh rata-rata skor aktual 128,5. Dengan hasil tersebut, maka LKPD dinyatakan valid. date: 2022-09-16 date_type: published pages: 221 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ferninda Dewi Kurniastuti, NIM.: 17106000037 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56247/1/17106000037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56247/2/17106000037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf