@phdthesis{digilib56261, month = {September}, title = {PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL PADA PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI SLBN KARANGREJO MAGETAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104010054 Revina Alifia Rahma}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Indriyani Ma?rifah, M.Pd.}, keywords = {media pembelajaran visual; media visual; PAI; anak berkebutuhan khusus (AKB)}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56261/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah kedudukan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yaitu sebagai alat penyampai informasi dari guru kepada peserta didik. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik. Bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu yang mengandalkan indra penglihatan, media visual sangat cocok untuk digunakan. Akan tetapi, di SLBN Karangrejo Magetan, guru PAI belum cukup mampu menjelaskan materi pelajaran secara mendetail pada anak tunarungu dikarenakan keterbatasan kemampuan dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang bisa memberikan bantuan terhadap guru guna menyampaikan materi pelajaran PAI secara lebih jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pemanfaatan media visual untuk anak tunarungu pada pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Kegiatan pemanfaatan media visual di SLBN Karangrejo Magetan bagi anak tunarungu, guru PAI menggunakan media visual berupa visual cetak, visual pajangan, dan visual proyeksi. Pola pemanfaatan media visual di sekolah tersebut yaitu pemanfaatan media visual di dalam kelas. Langkah guru dalam pemanfaatan media visual dimulai dengan persiapan, pembuatan, dan penerapan. (2) Respon peserta didik tunarungu terhadap media visual yang digunakan beragam. Sebagian dapat langsung memahami materi dengan media visual tersebut, tetapi sebagian yang lain masih kesulitan dan membutuhkan media visual lain yang lebih efektif. (3) Faktor yang mendukung dalam pemanfaatan media visual yaitu dukungan dari pihak sekolah, kemampuan guru dalam memanfaatkan benda-benda di sekitar, dan dukungan orang tua,. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu waktu pembelajaran yang terbatas, belum adanya buku PAI khusus SLB, dan rendahnya kesadaran anak serta orang tua akan pentingnya pendidikan.} }