%A NIM.: 18104010101 Lathifa Miftahul Jannah %O Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd, M.Hum. %T PENGARUH METODE MENGAJAR DALAM HOME VISIT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM SAINS TEKNOLOGI AL-ALBANI KARANGANYAR PADA ERA PANDEMI COVID 19 %X Latar belakang penelitian ini adalah ketika adanya pandemi Covid-19 yang mulai memasuki Indonesia. Pandemi Covid-19 menuntut pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring mulai tidak efektif terkendala oleh beberapa hal, terlebih untuk mengajarkan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Maka dengan itu SD Islam Sains Teknologi Al-Albani Karanganyar memberi kebijakan dengan metode Home Visit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran mengenai pengaruh Metode Mengajar Dalam Home Visit guna meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadist kelas IV SD Islam Sains Teknologi Al-Albani Karanganyar. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posstest Design. Dengan subjek populasi kelas IV SD Islam Sains Teknologi Al-Albani Karanganyar berjumlah 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif menggunakan SPSS 25 dan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh dari uji normalitas Asymp sig = 0,200 nilai asymp.sig lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Nilai rata-rata Posstest lebih besar daripada nilai pretest yaitu 40,6667 menjadi 80,5. Berdasarkan hasil uji t terdapat nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,00 maka, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (H0 ditolak). Dengan demikian Terdapat pengaruh penggunaan Metode Mengajar Dalam Home Visit terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Islam Sains Teknologi Al-Albani Karanganyar. %K metode home visit; hasil belajar; Al-Qur’an Hadist %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56276