%0 Thesis %9 Skripsi %A Dwi Nafisatul Khoiriyah, NIM.: 18104010111 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2022 %F digilib:56290 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K perkembangan anak; motivasi orang tua; pondok pesantren %P 141 %T MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE PONDOK PESANTREN DI DUSUN SURUHAN BOYOLALI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56290/ %X Berkembangnya ilmu dan teknologi sekarang ini menjadikan orang tua khawatir terhadap masa depan anak mereka oleh sebab itu perhatian serta pengawasan orang tua sangat dibutuhkan dalam memilih pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk 1). mendeskripsikan motivasi orang tua di Dusun Suruhan Boyolali memasukkan anak ke pondok pesantren, 2). menganalisis perkembangan anak-anak di Dusun Suruhan Boyolali yang belajar di pondok pesantren Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan, dengan mengambil latar di Dusun Suruhan Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dengan subjek penelitian 4 orang tua Dusun Suruhan yang memasukkan anak ke pondok pesantren, 4 anak-anak Dusun Suruhan yang belajar di pondok pesantren. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik untuk mendeskripsikan dan mengnalisa lingkungan sosial atau organisasi eksternal yang mempengaruhi motivasi orang tua memasukkan anak ke pondok pesantren. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik anaisis data dengan reduksi data (pemilihan data), display (penyajian data) dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan motivasi orang tua di Dusun Suruhan Boyolali memasukkan anaknya ke pondok pesantren adalah, a) Motivasi internal: Minat, keinginan, atau harapan orang tua, b) Motivasi eksternal: Faktor lingkungan dan pendidikan. Perkembangan anak-anak di Dusun Suruhan Boyolali yang belajar di pondok pesantren mengalami banyak perubahan di antaranya yaitu: Anak menjadi turut serta aktif dalam kegiatan organisasi masyarakat, termotivasi menjadi hafidz Al-Qur’an menjadikannya lebih semangat muroja’ah dan menambah hafalan saat di rumah, mempunyai keberanian memimpin tahlil dan do’a saat ziarah kubur bersama keluarga, pandai memilah teman dan bergaul dengan teman-teman di pondok untuk latihan rebana bersama. %Z Pembimbing: Sri Purnami, S. Psi., M.A