TY - THES N1 - Pembimbing: Ir. Taufiq Aji, S.T. M.T ID - digilib56296 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56296/ A1 - Mahmud Husairi, NIM.: 18106060045 Y1 - 2023/01/10/ N2 - Pemasok merupakan elemen penting dalam perusahaan yang berperan sebagai mitra. Sebagai salah satu produsen paving, CV Mahkota Paving juga sangat menyadari pentingnya pemasok. Salah satu bahan pokok pembuatan produk paving adalah semen. Kesalahan pemilihan pemasok semen akan berakibat fatal pada kualitas produk yang dihasilkan. Pengambilan keputusan yang efektif dan efisiensi dalam hasil akhir dapat diperoleh dengan adanya pengorganisasian yang terstruktur. Upaya yang dilakukan dalam pengambilan keputusan secara optimal yaitu dengan menggunakan metode Analytical Networking Process (ANP). Dalam proses pengolahan, penelitian menggunakan aplikasi super decision. Pengolahan data menghasilkan pertimbangan dalam pemilihan pemasok semen yaitu kualitas, pembayaran, pengiriman, responsibilitas, dan service. Prioritas semen yang semen B dengan skor 0,58267, kemudian urutan kedua semen A dengan skor 0,22929, kemudian urutan ketiga yaitu semen C dengan skor 0,18804. Sub kriteria kemasan rapat dengan skor 0.1684, tekstur lembut dengan skor 0.8316, harga dengan skor 0.80764, pembayaran tempo dengan skor 0.19236, kesesuaian jumlah dengan skor 0.19659, kesesuaian waktu dengan skor 0.80341, kemampuan merespon masalah dengan skor 0.80534, kemampuan merespon permintaan dengan skor 0.19466, kemudahan komunikasi dengan skor 0.74291, dan pemberian jaminan dengan skor 0.25709. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pemasok KW - Paving KW - CV Mahkota Paving KW - ANP KW - Super Decision M1 - skripsi TI - PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU SEMEN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL NETWORKING PROCESS (ANP) (STUDY KASUS: CV MAHKOTA PAVING) AV - restricted EP - 99 ER -