eprintid: 56340 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/63/40 datestamp: 2023-02-16 05:56:50 lastmod: 2023-02-16 05:56:50 status_changed: 2023-02-16 05:56:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Asa Nabila Himawati, NIM.: 18104020038 title: PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF GONDOSULI MUNTILAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: penilaian; pembelajaran daring: Pelajaran Bahasa Arab note: Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Munip, S.Ag., M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penilaian yang dilaksankan secara daring pada mata pelajaran bahasa Arab kelas 5 di MI Ma‟arif Gondosuli Muntilan Magelang, apa saja kendala yang dihadapi guru saat melaksanakan penilaian mata pelajaran bahasa Arab secara daring dan bagaimana solusi guru untuk menanggulangi kendala-kendala yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari siswa kelas 5, guru bahasa Arab, dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan penilaian hasil pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Arab dirasa guru kurang maksimal dalam pelaksanannya, Masih terdapat beberapa kendala yang dialami guru saat pelaksanaan penilaian. Penilaian mata pelajaran bahasa Arab yaitu terdapat penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik. Guru menyelesaikan satu bab materi dengan empat pertemuan, setiap pertemuan guru mendalami pada satu keterampilan, empat keterampilan tersebut yaitu; keterampilan mendengar (maharah istima), keterampilan membaca (maharah qiraah), keterampilan berbicara (maharah kalam), dan keterampilan menulis (maharah kitabah). Beberapa kendala yang dialami guru saat melaksanakan penilaian secara daring yaitu jam belajar siswa tidak terkontrol, siswa kurang fokus pada pembelajaran, dan siswa kurang memperhatikan tugas yang diberikan guru. Ada beberapa solusi yang dilakukan guru untuk menaggulanginya, diantaranya yaitu melakukan absensi tugas di grup WhatsApp, memberikan batasan waktu pengumpulan tugas, dan pemanggilan siswa secara pribadi. date: 2022-12-16 date_type: published pages: 142 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Asa Nabila Himawati, NIM.: 18104020038 (2022) PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF GONDOSULI MUNTILAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56340/1/18104020038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56340/2/18104020038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf