TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh., M. Ag. ID - digilib56342 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56342/ A1 - Achmad Nafi? Maula, NIM.: 18104020066 Y1 - 2022/12/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Nahwu dengan metode deduktif di Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta dan mengetahui kelebihan dan kekurangan metode deduktif dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta. Jenis penilitan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari dua waka kurikulum, tiga tenaga pendidik, dan tiga peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Nahwu dengan metode deduktif di Pondok Pesantren Assalafiyyah Mlangi Yogyakarta berada pada kategori baik dengan indikasi bahwa siswa sudah mampu menganalisis dan mengaplikasikan pemahaman ilmu Nahwu ke berbagai macam kitab kuning secara lisan dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal Bahasa Arab, akan tetapi kemampuan dalam menyusun kalimat secara mandiri masih kurang. Selain itu, kelebihan dan kekurangan metode deduktif dalam pembelajaran Nahwu memiliki perbedaan pada setiap tingkatan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - manajemen; metode deduktif; pembelajaran nahwu M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE DEDUKTIF DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI YOGYAKARTA AV - restricted EP - 148 ER -