@phdthesis{digilib56375, month = {December}, title = {PENERAPAN THARIQAH MUBASYARAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SANTRIWATI KELAS VII C PONDOK PESANTREN RAUDHATUS SALAAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021-2022}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18104020080 Sofia Rif?atul Maftuhah}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Dr. Dudung Hamdun, M.Si}, keywords = {metode pembelajaran; Thariqah Mubasyarah (metode langsung); Pembelajaran Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56375/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan Thariqah Mubasyarah dalam pembelajaran bahasa Arab serta untuk mengetahui problematika dan solusi apa saja yang terjadi dalam penerapan Thariqah Mubasyarah pada pembelajaran bahasa Arab santriwati kelas VII C Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Yogyakarta. Oleh karena nya, penelitian ini di latar belakangi berdasarkan kurangnya kemampuan berbahasa Arab santriwati ketika pembelajaran bahasa Arab karena kurang tepat nya metode pembelajaran yang digunakan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meminta santriwati untuk menirukan dialog dan membuat kalimat bahasa Arab secara lisan dengan tepat dan benar. Karena berdasarkan salah satu faktor penghambat yang peneliti temukan, yaitu kurangnya mufradat bahasa Arab yang dikuasai. Sehingga dalam hal ini, Thariqah Mub{\^a}syarah menjadi salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (Field research) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, maka peneliti melakukan penelitian di Pondok Pesantren Raudhatus Salaam Yogyakarta dengan jumlah intensitas pertemuan sebanyak dua kali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Thariqah Mubasyarah pada pembelajaran bahasa Arab santriwati di Kelas VII C Pondok Pesantren Rhaudatus Salaam Yogyakarta secara benar dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai pretest dan postest yang telah dilakukan pada penelitian ini. Selain itu, dengan adanya Thariqah Mub{\^a}syarah dapat menjadikan proses pembelajaran jadi lebih menarik dan tidak membosankan.} }