%A NIM.: 18104030036 Lubna Zharifah Ghaniyyah %O Pembimbing: Dr. Ichsan, M. Pd %T UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH 4 TEGAL SEPUR KLATEN %X Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keingin tahuan peneliti terhadap upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun di Bustanul Athfal Aisyiyah 4 Tegal Sepur Klaten. Metode penelitian ini kualitatif. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru dan murid kelompok A yang berusia 4-5 tahun berjumlah 22 murid. Metode pengumpulan data menggunakan ; (1) observasi untuk memperoleh data mengenai upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun, faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun; (2) wawancara untuk memperoleh data mengenai upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun, faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun; (3) dokumentasi untuk memperoleh data mengenai upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun, faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis data menganut teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian : (1) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun diantaranya menggunakan media kartu angka, bernyanyi, menebalkan, engklek, dan metode demonstrasi ; (2) Faktor pendukung guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun diantaranya lingkungan sekolah, kecerdasan tiap anak, kondisi fisiologis sedangkan faktor penghambatnya adalah kematangan dan kesiapan setiap anak dalam menerima materi, minat dan bakat setiap anak. %K upaya guru; lambang bilangan; anak usia dini %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56380