%A NIM.: 18104030040 Ayyun Farikha %O Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd %T MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan proses sains anak di Kamulan School yang belum mencapai hasil minimal pembelajaran yaitu masuk dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dengan persentase minimal 75%. Hal ini disebabkan karena guru masih menjadi pusat pembelajaran dimana anak lebih banyak memperhatikan apa yang dilakukan oleh guru, kesempatan anak untuk mencoba eksperimennya sendiri sedikit karena waktu pembelajaran yang terbatas, materi yang dipilih guru kurang familiar sehingga anak kurang tertarik dalam pembelajaran dan kurangnya persiapan guru dalam menyiapkan pembelajaran sehingga menyebabkan anak mudah bosan karena pembelajaran yang terasa monoton. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif menggunakan pendekatan pembelajaran yang bersifat situasional dan terpisah. Penelitian tindakan kelas kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas dalam pelaksanaan penelitian. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah anak di kelas PG (Play Group) dengan rentang usia empat sampai lima tahun yang terdiri dari lima anak perempuan dan lima anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan lembar observasi (check list), wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mencari rerata skor hasil pengamatan terhadap keterampilan proses sains Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains anak dapat meningkat dengan metode eksperimen. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan eksperimennya sendiri yang bersifat sederhana dan dekat dengan kehidupan sehingga menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada Pra tindakan, Siklus I dan Siklus II. Rata-rata perolehan persentase pada Pra tindakan yaitu 39,1%, meningkat di Siklus I dengan persentase sebesar 46,5% dan meningkat mencapai 78,3% pada Siklus II. %K keterampilan proses; pembelajaran sains; metode eksperimen %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib56381