eprintid: 56385 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/63/85 datestamp: 2023-02-17 03:32:57 lastmod: 2023-02-17 03:32:57 status_changed: 2023-02-17 03:32:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nadia Safirawati Adila., NIM.: 18104030045 title: PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK NABILA KELOMPOK B YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: usia dini; media pembelajaran; perkembangan kognitif; busy book note: Pembimbimg: Eko Suhendro, M.Pd. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perkembangan kognitif anak usia dini, tapi dalam praktiknya seringkali perkembangan kognitif kurang optimal seperti yang terjadi di TK Nabila sebagian anak perkembangan kognitif masih kurang, salah satu faktor yang mempengaruhi media pembelajaran masih sederhana yang membuat anak menjadi kurang semangat. Maka peneliti membuat media pembelajaran yang berupa busy book atau buku dari kain flanel untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. karena perkembangan kognitif sangat berperan penting untuk kehidupan selanjutnya. Untuk dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian dari Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan guru. Setelah divalidasi produk busy book ini diuji cobakan kepada anak di TK Nabila Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil validitas media busy book ini dinyatakan valid dengan persentase dari ahli materi adalah 80% dengan kriteria valid, persentase dari ahli media adalah 80%. Hail kepraktisan media busy book ini dinyatakan sangat valid dengan persentase 95%. Media busy book ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun dibuktikan dengan sebelum menggunakan media busy book didapat hasil persentase perkembangan kognitif pada pre-test anak adalah 63,5% dan setelah menggunakan media pembelajaran busy book didapat persentase sebesar 83,54%. Dengan menggunakan busy book anak jadi tertarik dalam pembelajaran pada tema alam semesta. date: 2022-09-09 date_type: published pages: 119 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nadia Safirawati Adila., NIM.: 18104030045 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK NABILA KELOMPOK B YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56385/1/18104030045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56385/2/18104030045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf